Friday, June 4, 2010

FaceBook (FB)

Jenis Perusahaan swasta
Industri Internet
Didirikan Cambridge, Massachusetts
(4 Februari 2004)
Kantor pusat Palo Alto, California
Tokoh penting * Pendiri, CEO dan Presiden: Mark Zuckerberg
* Pendiri dan Wakil Presiden Teknis: Dustin Moskovitz
* COO: Owen Van Natta
* Wakil Presiden Strategi dan Operasi Bisnis: Matt Cohler
* Pendiri: Chris Hughes
Pendapatan 300 juta USD[1] (perkiraan 2008)
Karyawan 700 (November 2008)
Situs web www.facebook.com
Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial
populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan
mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya
masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan
selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah
Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy
League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan
berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas
(seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung
dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat
atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang
dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.[2] Pengguna
dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang
tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah
geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling
besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih
dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.[3]
Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari
posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,[4] dan
merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli
situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap
harinya.[5][6]
Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain
permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Pengguna Facebook Indonesia
Meski Facebook telah lahir beberapa tahun sebelumnya namun penggunaan
jejaring sosial di internet ini baru meningkat pesat di Indonesia pada
tahun 2008 meninggalkan situs jejaring yang populer sebelumnya yaitu
Friendster.com. Peningkatan pesat pengguna Facebook di Indonesia salah
satunya dipicu mudahnya penggunaan akses Facebook menggunakan telepon
selular. Terutama yang sudah meletakkan fitur Facebook sebagai fitur
standar atau favorit dari beberapa merk telepon selular diantaranya
peningkatan pesat penggunaan merk BlackBerry. Pada 2009 fitur Facebook
bahkan menjadi nilai jual tersendiri bagi para produsen telepon
selular yang menjual produknya di Indonesia. Pada perkembangannya para
pengguna internet pemula mengakses Facebook lebih awal sebelum
menggunakan fitur internet lainnya.
Statistik
Pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia tahun 2008 adalah 645%
menjadi 831.000 pengguna di akhir tahun, menjadi negara dengan tingkat
pertumbuhan pengguna tertinggi di Asia September 2009 pengguna
Facebook di Indonesia telah mencapai 8.520.160 dengan pengguna baru
8.23juta orang bergabung dalam 12 bulan terakhir Oktober 2009 pengguna
Facebook di Indonesia mencapai 9.713.580 pengguna, negara ketiga
tercepat tumbuhnya di Asia setelah Filipina dan Taiwan dalam sebulan
terakhir November 2009 pengguna Facebook di Indonesia tumbuh pesat
kembali dalam 1 bulan terakhir menjadi 12.189.100 pengguna dan tumbuh
paling pesat se Asia dalam 1 bulan terakhir Desember 2009 pengguna
Facebook di Indonesia masih paling tinggi mencapai 13.870.120
pengguna, tertinggi di Asia.

No comments:

Post a Comment